SAMSUNG AKAN LEBIH BERANI MENGHADAPI APPLE

Lee Younghee, wakil presiden senior yang mengepalai unit pemasaran global untuk bisnis komunikasi bergerak Samsung, dalam sebuah wawancara dengan media baru-baru ini menyatakan bahwa perusahaannya akan mengambil langkah yang lebih tegas dan berani dalam “perang HKI” yang tengah dialami raksasa teknologi Korea Selatan itu melawan Apple, salah satu kompetitor terbesar mereka untuk smartphone dan komputer tablet.

Meskipun tidak memerinci bentuk langkah tegas dan berani seperti apa yang akan diambil, eksekutif perempuan yang pindah dari perusahaan kosmetik L’Oreal dan bergabung dengan Samsung pada 2007 itu menyatakan bahwa selama ini pendekatan yang dilakukan oleh perusahaannya cenderung “pasif” dan kini saatnya untuk mengambil posisi yang lebih agresif.

Rangkaian sengketa tersebut bermula ketika pada bulan April 2011 Apple menggugat Samsung di Amerika Serikat karena menganggap Samsung Galaxy menjiplak iPhone dan iPad mulai dari desain produk hingga kemasannya. Samsung kemudian membalas dengan mengajukan beberapa gugatan pelanggaran HKI terhadap Apple. Konflik ini meluas hingga ke sejumlah negara termasuk Jerman, Belanda dan Australia. Awal bulan ini pengadilan di Jerman bahkan memutuskan bahwa Samsung tidak diperkenankan menjual langsng Galaxy Tab 10.1 di negara tersebut karena desainnya yang terlalu menyerupai Apple iPad 2. Terhadap putusan ini Samsung telah mengajukan banding.

Rivalitas di antara kedua produsen bukanlah hal yang aneh karena menurut perusahaan periset pasar asal Amerika Serikat IDC, untuk triwulan kedua 2011 saja Samsung sudah menduduki peringkat kedua dunia untuk pemasaran smartphone di bawah, siapa lagi kalau bukan, Apple. Sementara untuk ponsel peringkat dunia Samsung juga di posisi kedua di bawah Nokia.

Perang paten antara Apple dan Samsung ini terasa kian rumit dan juga ironis karena terlepas dari fakta bahwa keduanya adalah rival ketat, toh hubungan bisnis antara satu sama lain juga cukup erat. Samsung Electronics Co. adalah produsen nomor satu dunia untuk chip memori dan layar LCD, dua dari sekian banyak komponen penting lainnya yang mereka pasok untuk produk-produk Apple.

Dalam wawancaranya tersebut, Lee juga mengklaim kalau Samsung memiliki sejumlah besar paten terkait teknologi telekomunikasi nirkabel, yang mencakup berbagai fungsi penting termasuk yang memungkinkan seorang pengguna ponsel melakukan percakapan telefon dan menerima e-mail di saat yang bersamaan. Lee menyatakan perusahaannya yakin kalau Apple telah melakukan “pendomplengan” terhadap teknologi-teknologi yang dilindungi paten tersebut.

Disarikan dari Associated Press News.

Iklan

Perihal Prayudi Setiadharma
Prayudi adalah penulis dan kontributor utama situs/blog marimengenalhki.com. Sebagian artikel yang ditulis Prayudi dalam blog ini juga telah diterbitkan dalam bentuk buku berjudul "Mari Mengenal HKI" oleh penerbit Goodfaith Production pada bulan Mei 2010. Prayudi telah menaruh minat yang mendalam pada bidang hukum hak kekayaan intelektual (HKI) sejak mengerjakan tugas akhir di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Ia lalu memutuskan untuk menekuni minatnya tersebut dengan mengambil program Master of Intellectual Property Laws di University of Melbourne, Australia. Setelah menuntaskan program tersebut, Prayudi lalu bekerja di Law Firm AMROOS & PARTNERS, sebuah kantor hukum spesialis HKI yang berlokasi di Jakarta dan sejak Oktober 2010 berganti nama menjadi AMR PARTNERSHIP, hingga saat ini dimana ia berposisi sebagai Partner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: