APPLE DIGUGAT PERUSAHAAN CHIP TAIWAN

Via, sebuah produsen chip komputer asal Taiwan, baru saja mengajukan gugatan pelanggaran paten terhadap Apple di sebuah pengadilan distrik di Amerika Serikat. Via menuduh Apple telah menggunakan secara tanpa hak paten-paten miliknya terkait teknologi chip komputer untuk melakukan penggunaan, transfer dan manipulasi data dalam produk-produk seperti Apple TV, iPod, iPad dan iPhone. Gugatan yang sama dilayangkan juga ke Komisi Perdagangan Amerika Serikat.

Gugatan yang dilancarkan oleh Via ini diduga masih merupakan episode lanjutan dari perang paten yang tengah terjadi sebelumnya antara Apple dengan produsen smartphone terkemuka Taiwan, HTC. Sebelumnya Apple telah memenangi gugatan terhadap HTC atas pelanggaran dua paten miliknya, meskipun putusan tersebut belum final karena sang raksasa teknologi Taiwan telah menyatakan akan banding. Di samping itu, HTC sendiri masih memiliki tiga lagi gugatan terhadap lawan yang sama terkait pelanggaran atas paten-paten dalam bidang teknologi bergerak dan juga komputer tablet.

Adapun Via sendiri disebut-sebut memiliki keterkaitan dengan HTC karena orang yang saat ini memimpin Via adalah suami dari Cher Wang, pimpinan dari HTC. Kedua perusahaan memang sama-sama didirikan oleh pasangan tersebut.

Disarikan dari berita yang dimuat di BBC Online.

Iklan

Perihal Prayudi Setiadharma
Prayudi adalah penulis dan kontributor utama situs/blog marimengenalhki.com. Sebagian artikel yang ditulis Prayudi dalam blog ini juga telah diterbitkan dalam bentuk buku berjudul "Mari Mengenal HKI" oleh penerbit Goodfaith Production pada bulan Mei 2010. Prayudi telah menaruh minat yang mendalam pada bidang hukum hak kekayaan intelektual (HKI) sejak mengerjakan tugas akhir di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Ia lalu memutuskan untuk menekuni minatnya tersebut dengan mengambil program Master of Intellectual Property Laws di University of Melbourne, Australia. Setelah menuntaskan program tersebut, Prayudi lalu bekerja di Law Firm AMROOS & PARTNERS, sebuah kantor hukum spesialis HKI yang berlokasi di Jakarta dan sejak Oktober 2010 berganti nama menjadi AMR PARTNERSHIP, hingga saat ini dimana ia berposisi sebagai Partner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: