RENCANA INGGRIS PERANGI PEMBAJAKAN HAK CIPTA DI INTERNET

Pemerintah Inggris saat ini tengah mempersiapkan upaya hukum yang lebih keras untuk menanggulangi pembajakan hak cipta di internet. Upaya-upaya tersebut dimaksudkan untuk dapat diakomodir dalam UU Komunikasi yang baru yang menurut rencana akan diundangkan sebelum masa bakti parlemen yang sekarang berakhir di tahun 2015.

Di antara upaya-upaya yang tengah direncanakan tersebut antara lain adalah:
– Pembentukan suatu lembaga lintas industri yang akan ditugasi untuk mengidentifikasi situs-situs mana saja yang melakukan pelanggaran hak cipta sehingga tindakan bisa diambil;
– Penyederhanaan proses hukum sehingga lembaga peradilan dapat bertindak secara lebih cepat;
– Memberikan tanggung-jawab kepada situs-situs pencarian dan juga ISP untuk mempersulit akses terhadap situs-situs yang oleh pengadilan telah dinyatakan mengandung konten ilegal atau mendukung penyebar-luasan konten-konten secara ilegal;
– Memberikan tanggung-jawab kepada para pemasang iklan untuk mengambil langkah-langkah mencabut iklan-iklan yang dipasang pada, serta kepada para penyelenggara kartu kredit dan bank-bank untuk mencabut layanan mereka dari, situs-situs yang melanggar hak cipta tersebut.

Rencana tersebut dikemukakan oleh Menteri Kebudayaan Inggris, Jeremy Hunt, dalam sambutannya di hadapan Royal Television Society. Beliau menegaskan bahwa pemerintah memandang penyebar-luasan karya-karya yang dilindungi hak cipta secara ilegal adalah pencurian, dan sekaligus serangan langsung terhadap kemerdekaan dan hak-hak dari para pencipta untuk mendapatkan penghargaan yang wajar atas karya-karya tersebut. Dengan demikian, ujarnya, pemerintah berkeinginan kuat untuk menghambat akses terhadap situs-situs yang mengandung pelanggaran hak cipta semacam itu.

Di sisi lain, pernyataan sang menteri dalam pidatonya tersebut rupanya beroleh reaksi yang kurang positif dari beberapa kalangan. Jim Killock, CEO dari Open Rights Group, misalnya, menilai rencana pemerintah tersebut berpotensi membuat preseden yang membahayakan. Menurutnya pemerintah tidak bekerja berdasarkan skala permasalahan yang proporsional, di mana akan sangat berbahaya bagi hak-hak masyarakat untuk mendapatkan kebebasan dan keterbukaan informasi apabila kewenangan menentukan siapa yang melanggar hak cipta dan siapa yang tidak diserahkan kepada perusahaan penyelenggara kartu kredit maupun situs pencari.

Reaksi dari Google sendiri tidak terlalu antusias, dan menyatakan bahwa hingga saat ini mereka memandang bahwa upaya-upaya internal yang diterapkan dalam rangka memberantas pembajakan hak cipta dirasa masih cukup memadai. Dalam pernyataannya, perusahaan ini mengklaim bahwa tanpa perlu perintah pengadilan pun, seorang pemegang hak cipta dapat meminta Google untuk membuang konten yang melanggar hak cipta dari Google Search. Melalui mekanisme tersebut, tahun lalu saja Google telah membuang sekitar tiga juta konten dari mesin pencarinya, dimana waktu yang dibutuhkan dalam merespon permintaan untuk membuang konten bermasalah pun telah berhasil ditingkatkan menjadi hanya sekitar empat jam saja.

Sumber: BBC.co.uk; lihat artikel lengkap.

Iklan

Perihal Prayudi Setiadharma
Prayudi adalah penulis dan kontributor utama situs/blog marimengenalhki.com. Sebagian artikel yang ditulis Prayudi dalam blog ini juga telah diterbitkan dalam bentuk buku berjudul "Mari Mengenal HKI" oleh penerbit Goodfaith Production pada bulan Mei 2010. Prayudi telah menaruh minat yang mendalam pada bidang hukum hak kekayaan intelektual (HKI) sejak mengerjakan tugas akhir di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Ia lalu memutuskan untuk menekuni minatnya tersebut dengan mengambil program Master of Intellectual Property Laws di University of Melbourne, Australia. Setelah menuntaskan program tersebut, Prayudi lalu bekerja di Law Firm AMROOS & PARTNERS, sebuah kantor hukum spesialis HKI yang berlokasi di Jakarta dan sejak Oktober 2010 berganti nama menjadi AMR PARTNERSHIP, hingga saat ini dimana ia berposisi sebagai Partner.

One Response to RENCANA INGGRIS PERANGI PEMBAJAKAN HAK CIPTA DI INTERNET

  1. Carlton says:

    Selamat Malam. Tanpa sengaja saya masuk ke blog ini, setelah say baca-baca ternyata kontennya
    cukup informatif dan banyak konten-konten yanng sangat bermanfaat.
    Minta izin ikut bookmark dan sharing tulisan ke social media saya ya sekalian bjar blog anda
    semakin banyak pembacanya. Mudah mudahan selalu diupdate terus yya blognya.Terima Kasih,
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: